Kesalahan Ketika Menggunakan Kartu Kredit yang Harus Dihindari

Kesalahan Ketika Menggunakan Kartu Kredit yang Harus Dihindari – Kartu kredit telah menjadi salah satu alat pembayaran non tunai yang favorit. Memakai kartu kredit bisa membantu kemudahan dan juga kepraktisan anda dalam bertansaksi. Kartu kredit juga memiliki banyak keuntungan yang dapat membantu pemiliknya mendapatkan transaksi yang lebih dan hemat.

Keuntungan yang dimaksud ini bisa berupa cashback, poin, voucher, diskon, dan sebagainya. Tapi tidak sedikit orang juga yang trauma dengan kartu kredit. Hal ini dapat dimalkumin karena kartu kredit merupakan alat transaksi nontunai yang berbasis pinjaman uang dari bank dengan bunga tinggi. Bila anda tidak cermat dalam menggunakannya, maka kartu kredit bisa menjadi salah satu malapetaka finansial yang berbahaya.

Banyak orang yang stress karena dikejar oleh debt collector karena terlanjur terjerat hutang dengan kartu kredit. Maka dari itu, kartu kredit dapat anda pandang dengan dua sisi. Satu sisi dimana kartu kredit bermanfaat untuk anda bertransaksi, di satu sisi lagi kartu kredit malah menjadi masalah keuangan yang berbahaya.

Maka dari itu, agar anda tidak sampai terjerat dalam hal ini, sebaiknya anda perlu menghindari kesalahan utama ketika menggunakan kartu kredit.

Berikut ini kesalahan yang terjadi ketika menggunakan kartu kredit

Memakainya tanpa rencana

Banyak orang yang terjerat utang ini hanya karena tidak memiliki rencana tersendiri, jadi setiap belanja pasti asal gesek saja tanpa memikirkan penghasilan dan bayaran tagihan. Ini sangat berbahaya. Bila anda asal gesek kartu kredit anda tapi tidak bisa memastikan bisa bayar atau tidak, itu sama aja mengundang masalah keuangan.

Sering membayar minimum payment

Kartu kredit memang membuat penggunanya untuk membayar tagihan dengan nilai minimal. Kini sebesar 10%, berarti bila anda memiliki tagihan 10 juta, anda hanya diperbolehkan minimal membayar satu juta saja.

Tapi tidak gratis! Sisa tagihan anda sebesar 9 juta itu akan terkena bunga dan anda bayarkan ketika tagihan bulan berikutnya. Ini lah yang menjadi pintu masuk petaka finansial anda. Hal ini dikarenakan bunga kartu kredit sangat mahal, perbulan bisa mencapai 2.25%. Bila tagihan anda kembali membayar minimum payment, alhasil bunga akan menggulung dan bisa membuat anda tidak sanggup membayarnya.

Menjadikan kartu kredit alasan konsumtif

Jangan pernah tergoda dengan kartu kredit. Banyak orang yang terjebak dan akhirnya berlaku boros hanya karena iming iming kartu kredit. Misalnya kartu kredit sering memberikan diskon setiap transaksi apapun, banyak orang tidak sadar bahwa telah menggunakan kartu kredit hanya sekedar memburu diskon tersebut, padahal tidak terlalu butuh dengan barang ataupun jasa tersebut.

Itulah kesalahan yang perlu anda hindari ketika menggunakan kartu kredit.